Update seterusnya akan dipindahkan ke http://openbvehd-indonesia.weebly.com/

Tuesday 21 August 2012

Dasar-Dasar Pembuatan Objek pada OpenBVE

Part 1 - Membuat Objek Dengan Vertex
Tingkat kesulitan: *** (sedang)
Format penulisan skrip: untuk file .b3d
Ingin membuat objek sendiri tapi bingung bagaimana cara membuatnya? Sangat disayangkan mengingat game ini mudah sekali untuk diotak-atik bahkan oleh orang awam jika sudah paham dasarnya.

(Sedikit Cerita)
18 Agustus 2012 lalu, salah seorang member grup mengadakan lomba Screenshot OpenBVE dengan tema kemerdekaan. Banyak pengguna OpenBVE baru yang ingin ikut berpartisipasi. Hanya saja, kriteria yang dimasukan ke dalam lomba yaitu menambahkan bendera pada masing-masing lokomotif yang akan difoto. Meskipun ada beberapa member tidak menambahkan bendera, ada yang bertanya pada admin bagaimana cara membuatnya. Admin sendiri bingung karena tidak mudah menjelaskan melalui chatting Facebook

Nah, agar hal seperti diatas tidak terjadi kembali, kali ini admin akan mengulas bagaimana cara menambahkan objek atau membuat objek pada kereta atau lokomotif dengan format file .b3d

1. Langkah Awal

Persiapkan dulu perangkat lunak yang dibutuhkan, diantaranya:
A. Notepad
Jujur saja, admin sendiri cukup kaget ketika mengetahui bahwa Kereta dan lokomotif yang begitu bagus dibuat dari aplikasi yang hampir tidak kita sentuh saat menggunakan komputer! Tapi setelah tahu bahwa Train Editor yang disediakan website BVE luar sudah tidak ada, maka admin belajar dari sini. Jika Notepad dirasa kurang mendukung, silahkan download Notepad ++ di sini. Versi stabil saat tulisan ini diterbitkan adalah versi 6.1.6. Notepad ++ mendukung aksi undo lebih dari 2 kali (tidak seperti notepad biasa yang hanya mampu melakukan undo sekali) Namun jika kalian merasa Notepad saja sudah cukup, ya tidak dipaksakan untuk mendownload Notepad ++
B. Object Viewer
Dapat ditemukan di instalan OpenBVE. Tidak perlu waktu lama untuk mempelajari aplikasi ini.
F7: Meload file objek OpenBVE

2. Saatnya Belajar

Semua sudah lengkap? Mari kita belajar...
Yang pernah belajar koordinat, saatnya melatih kemampuanmu disini
Pembentukan objek dengan vertex sangatlah sederhana. Hanya saja perlu ketelitian dan kesabaran untuk menulis sejumlah skrip.

Contoh Dasar pembuatan Skrip Vertex:
[MeshBuilder]
Vertex (koordinat x),(koordinat y),(koordinat z)
Face
Color

Keterangan:
[MeshBuilder]  <<<< Gak boleh ketinggalan ama yang satu ini. Biarpun kita sudah nulis skrip banyak-banyak tapi belum menulis yang satu ini pada bagian kepala skrip, maka objek tidak akan muncul. [MeshBuilder] seperti sebuah perintah untuk membuat sebuah objek dimana keterangan seperti apa bentuk objek 
Vertex <<< Salah satu perintah untuk membentuk objek 2 dimensi. Koordinat yang ditambahkan akan digunakan oleh Face untuk mengetahui bagaimana garis batas objek dibentuk

Susunan koordinat yang ditulis pada vertex (sebenarnya) bisa dibuat sedikit acak. Tetapi akan lebih mudah dipelajari jika disusun seperti gambar berikut:




[MeshBuilder]
Vertex 0,0,-1  >> ini adalah koordinat titik 0 pada gambar
Vertex 0,1,-1  >> ini adalah koordinat titik 1 pada gambar
Vertex 1,1,-1  >> ini adalah koordinat titik 2 pada gambar
Vertex 1,0,-1  >> ini adalah koordinat titik 3 pada gambar
Face2 0,1,2,3  >> mengisyaratkan bahwa objek dibentuk berdasarkan
                  4 keterangan vertex diatas dimana urutan
                  titiknya adalah 0,1,2, dan 3

Mari kita artikan sedikit demi sedikit... Ibaratkan objek dibentuk oleh garis batas antara masing-masing koordinat dan bagian yang dibatasi itulah yang akan kita sebut objek. Setelah semua vertex telah ditentukan posisinya, barulah tugas skrip 'Face' untuk menentukan bagaimana garis batas itu dibentuk sehingga berbentuk objek seperti pada gambar diatas. Part 1 selesai. Part 2 menyusul ya :)

Mohon maaf bila kalimat admin sedikit berantakan

Ditunggu ya tulisan berikutnya :)

2 comments: